Apa Itu Google Sandbox

Apa Itu Google Sandbox – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan menjelaskan tentang Apa Itu Google Sandbox.

Google Sandbox biasa juga dikenal dengan istilah sandbox effect. Sebagai seorang blogger pasti sudah familiar mendengar istilah ini paling tidak mungkin minimal sekali. Apalagi jika Anda belajar seo, pasti Anda akan sangat familiar dengan istilah ini.

Apa Itu Google Sandbox

Apa Itu Google Sandbox

Tahukah Anda bahwa Google Sandbox merupakan suatu keadaan di mana sebuah situs atau blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari hilang dari peredaran SERP (Search Engine Result Pages) Google. Atau lebih akrab disebut oleh para webmaster dengan penjara Google. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, namun tidak menutup kemungkinan bagi situs yang mempunyai ranking bagus di Google juga terkena efek Google Sandbox.

Google Sandbox adalah tempat sementara sebuah situs atau blog diparkir dan dinilai oleh Google. Apakah alamat tersebut layak muncul dalam SERP atau tidak. Tentu pertimbangan Google ini didasari oleh peraturan-peraturan yang telah diberikan. 

Secara normal sebuah situs baru bisa keluar dari Sandbox setelah 6 bulan. Hal inilah yang menjadikan Google Sandbox sebagai salah satu momok besar bagi setiap blogger dan webmaster.

Baca : SEO Yahoo Bagi Pemula

Cara Keluar dari Google Sandbox

Lantas apakah kita bisa keluar dari cengkraman Google Sandbox?

Jawabannya adalah bisa! Jika website atau artikel blog kita masuk ke dalam Google Sandbox, kita juga bisa keluar dari hukuman ini.

Bagaimana caranya?

Jika Anda ingin keluar dari penjara Google Sandbox, maka Anda harus melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Sunting / edit artikel-artikel yang Anda anggap‘bermasalah’. Jika Anda rasa artikel di website atau blog Anda terlalu banyak mengejar keyword atau banyak link yang ‘aneh’, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengedit artikel-artikel ini dan menghapus keyword-keyword tersebut.
  2. Lakukan optimasi SEO on page dan off page yang relevan dengan tema website atau artikel blog Anda.
  3. Hapus dan ganti broken link pada artikel blog maupun website Anda.
  4. Submit ulang website atau blog Anda ke Google Search Console (dulunya GWT atau Google Webmaster Tools) dengan tujuan agar Google dapat melakukan perayapan kembali ke website maupun artikel pada blog Anda.
  5. Minta Google untuk meninjau kembali (reconsideration request) website atau blog Anda dan tunggu balasannya.

Itulah cara-cara yang memungkinkan website maupun artikel pada blog Anda bisa keluar dengan selamat dari cengkraman Google Sandbox. Biasanya website Anda akan bebas setelah 2-3 hari menunggu (tidak instant).

Jika ingin mengetahui apakah website Anda terkena Google Sandbox atau tidak, cukup mudah untuk dilakukan. Ada 2 cara yang bisa Anda pakai, yaitu secara manual dan dengan bantuan tools. Untuk cara manual, Anda cukup pergi ke Google.co.id dan ketikan site:http://www.namawebsiteanda.com/ dan klik search. Jika website Anda muncul atau terindeks oleh mesin pencari bisa dikatakan aman dari cengkraman Google Sandbox, tapi jikalau tidak muncul apa-apa maka website / blog Anda terkena hukuman pinalti.

Sedangkan untuk cara kedua adalah dengan bantuan tools. Sudah banyak tools yang tersedia untuk mengetahu apakah website maupun blog Anda terkena Google Sandbox atau tidak. Salah satu tools yang tersedia atau cukup terkenal adalah Pixel Groove. Tinggal copy dan paste link website / blog Anda dan klik check maka Anda sudah dapat mengetahui hasilnya.

Semoga artikel tentang Google Sandbox ini berguna bagi Anda. Semoga membantu dan menambah pengetahuan Anda mengenai SEO di Google.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Apa Itu Google Sandbox dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. [bt]

Apa Itu Google Sandbox | Admin | 4.5